::Oleh: Muchlas Arkanuddin::

Topkapi Palace merupakan salah satu objek wisata di Istanbul, yang menjadi icon pariwisata Turki. Jika anda ke Turki, rasanya belum berkunjung ke negara “seribu masjid” ini jika belum masuk ke gerbang “babussalam” istana Topkapi. Objek wisata ini letaknya di tengah kota Istanbul sehingga mudah diakses. Dari Wikipedia kita bisa memperoleh informasi bahwa Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı) atau dalam bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, biasanya dieja “Topkapi” dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856).

Bagai anda yang gemar fotografi, beberapa tips berikut ini barangkali bermanfaat sebagai acuan dalam mendokumentasikan objek wisata yang sangat terkenal ini. Tips berikut ini ditulis berdasarkan pengalaman saya mengunjungi istana ini.

  • Datanglah ke sana pada musim-musim di mana kita memperoleh kesempatan melihat langit yang membiru di kawasan itu. Saya datang ke sana saat awal musim semi.
  • Carilah hotel yang dekat dengan kawasan ini, sehingga dapat mengunjunginya dengan jalan kaki. Saya menempati Old City Viva Hotel, yang dekat dengan kawasan istana Topkapi sehingga hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit untuk mencapainya dengan berjalan kaki.
  • Keluarlah dari hotel paling lambat jam 7 pagi waktu setempat agar memperoleh momen pencahayaan pagi yang bagus. Beberapa objek dalam istana Topkapi akan sangat bagus dipotret saat metahari pagi menerpanya. Jadi, usahakan jam 8 paling lambat sudah memasuki istana tersebut.

topkapi-500-1Gerbang Istana Topkapi

  • Setelah anda memasuki gerbang Topkapi, carilah objek-objek foto di sebelah kiri jalan, karena matahari berada di sebelah kanan jalan anda, sehingga akan menghasilkan pencahayaan dari depan objek yang sangat bagus.  Dua gambar di bawah ini, objeknya berada di sebelah kiri jalan masuk ke istana Topkapi.

topkapi-500-2

 

Kastil Hagia Eirene

topkapi-500-3

Pohon-pohon merangggas menunggu musim semi di dalam Topkapi Palace

  • Siapkan kamera anda dan lengkapi dengan lensa sudut lebar agar dapat memotret area yang lebih luas dalam istana Topkapi ini.
  • Jangan lupa: pasang ISO pada angka 100, atur diafragma pada bukaan 11 dan gunakan mode Av (kecepatan diatur oleh prosesor kamera). Jika kecepatan menunjuk angka di bawah 60, turunkan indeks diafragma agar kecepatannya naik.

Selamat berburu objek-objek menarik di Topkapi Palace.

Semua tulisan pada blog ini boleh diperbanyak dan disebarluaskan sejauh untuk keperluan kebaikan dengan menyebutkan sumber/penulisnya.

visit-my-gallery