::Oleh: Muchlas Arkanuddin::

Candi Prambanan merupakan salah satu situs Warisan Dunia versi UNESCO yang terletak 20 km arah timur kota Yogyakarta. Candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram. Bangunan utama candi menjulang setinggi 47 m dikelilingi candi-candi kecil di sekitarnya.

Sebagai objek wisata, pemandangan candi dan alam yang melingkupinya sangat indah baik di malam maupun siang hari. Pemandangan menjadi lebih spektakuler ketika candi ini dibalut oleh cahaya alam matahari terbit. Foto ini adalah hasil jepretan saya pagi hari ketika sunrise di Candi Prambanan.

frame-prambanan-watermark

Fotografer: Muchlas Arkanuddin, Lokasi: Candi Prambanan, Yogyakarta

prambanan-sunrise-watermark

Fotografer: Muchlas Arkanuddin, Lokasi: Candi Prambanan, Yogyakarta

Untuk berburu sunrise di kompleks candi ini, perlu strategi tertentu. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini adalah strategi memburu sunrise di kompleks candi Prambanan.

  • Kunjungi lokasi shot dengan masuk melalui sisi barat candi. Jika anda datang dari arah timur (arah dari Solo ke Jogja), setelah jembatan di sebelah barat candi, belok ke kanan. Sebaliknya, jika anda datang dari arah barat (arah dari Jogja ke Solo), setelah bong supit Bogem belok ke kiri ke arah teater terbuka Ramayana. Berhentilah sekitar 100 m dari anda membelok,
  • Persiapkan peralatan fotografi anda. Pastikan pada kamera anda telah terpasang batere yang telah terisi, memori penyimpan data dan lensa yang sesuai. Akan sangat baik jika anda menggunakan lensa sudut lebar agar dapat meng cover area candi yang luas (foto di atas saya ambil dengan lensa TOKINA 11-16 mm, dan di set pada 11 mm).
  • Pastikan anda datang pada pagi hari Minggu sekitar pukul 5.30 sudah sampai di lokasi. Parkirlah kendaraan anda di lapangan sebelah kiri/barat jalan, kemudian jalan kaki memasuki kompleks candi sisi barat. Mengapa hari minggu dan harus jalan kaki? Setahu saya karena pintu sisi barat dibuka untuk umum  pagi hari sekali, setiap hari minggu dan hanya untuk pejalan kaki.
  • Pilih lokasi yang diperkirakan anda dapat melihat sunrise.  Atur pencahayaan dengan bukaan diafragma yang kecil (8 s.d. 11). Anda dapat melengkapi lensa yang digunakan dengan berbagai filter seperti GND dan CPL.
  • Agar gambar anda lebih indah, tempatkan candi sebagai point of interest dengan nuansa siluet, dan framing dengan memasukkan dahan/ranting/daun pohon sebagai frame foto anda.

Have a nice hunting.

Semua tulisan pada blog ini boleh diperbanyak dan disebarluaskan sejauh untuk keperluan kebaikan dengan menyebutkan sumber/penulisnya.

visit-my-gallery