::Oleh: Muchlas Arkanuddin::

“Wide-Angle Lens” atau lensa sudut lebar berfungsi “menjauhkan” objek yang kita lihat melalui “viewfinder eyepiece”, sehingga “coverage area” dari wilayah gambar yang akan kita ambil menjadi semakin lebar, itu berarti lebih banyak objek yang masuk ke sensor kamera kita. Karakteristik khas lensa ini adalah memunculkan “perspective distortion” pada bagian kanan dan kiri frame untuk format landscape. Sekalipun demikian, saya selalu merasakan adanya keindahan lain dari munculnya distorsi ini. Foto Masjid Muhammad Ali Pasha di Cairo Mesir ini. saya ambil menggunakan lensa sudut lebar Canon 10-22 mm yang di “set” pada 10mm. Perhatikan bentuk-bentuk vertikal di bagian kanan dan kiri frame seperti menara masjid, akan terlihat miring dibandingkan keadaan sesungguhnya. Inilah yang dinamakan “perspective distortion”, dan saya menikmati keindahannya. Bagaiman dengan anda? Salam landscaper Indonesia.

Terimakasih pd bapak Dr. Fahmy Lukman, Atdikbud Cairo, Pak Muhlison Jamaluddin, Mas Rizzaldy Satria dan Uun Nashikhun yang telah membantu saya memasuki masjid Muhammad Ali Pasha dengan aman, di hari revolusi Mesir yang sangat ketat penjagaannya.

image

Masjid Muhammad Ali Pasha, Cairo, Mesir

image

Semua tulisan pada blog ini boleh diperbanyak dan disebarluaskan sejauh untuk keperluan kebaikan dengan menyebutkan sumber/penulisnya.

visit-my-gallery