::Oleh: Muchlas Arkanuddin::

Fenomena alam sunrise atau sunset memang selalu menarik untuk difoto, terlebih jika fenomenanya terjadi di atas air terutama di lautan. Sunrise/sunset di atas air/lautan akan menimbulkan bayangan matahari dari titik benda langit itu berada menuju ke arah kita sebagai pemotret. Citra yang ditimbulkan menampakkan keindahan yang luar biasa, seolah-olah lautan dibelah oleh garis kuning keemas-emasan.  Agar foto sunrise anda menjadi lebih indah, carilah siluet berbentuk objek apa saja dan tempatkan objek tersebut memotong garis bayangan matahari yang berwarna  kuning keemas-emasan tersebut.

Sebelum shot gerhana matahari Total (GMT) pada 9/3/2016, saya sempat memperoleh foto sunrise dari serambi masjid Al Munawar Ternate, setelah semalaman tidur di dalamnya menjaga tempat dan peralatan observasi. Jika anda ke sana, nikmati keindahan sunrise melalui serambi masjid yang indah ini, setelah sholat subuh berjamaah…sepertinya tidak harus tidur di masjid ini seperti saya..he..he. Foto ini saya peroleh dengan menempatkan objek perahu memotong garis bayangan matahari.

ternate-sunset-1-wm#3

Salam landscaper Indonesia.

 

Semua tulisan pada blog ini boleh diperbanyak dan disebarluaskan sejauh untuk keperluan kebaikan dengan menyebutkan sumber/penulisnya.

visit-my-gallery