::Oleh: Muchlas Arkanuddin::
Jika anda melancong ke Ternate jangan lewatkan untuk shot gunung Tidore. Carilah lokasi agar anda memperoleh front lighting, karena ini menjadi faktor terpenting untuk menghasilkan foto landscape yang bagus. Selain itu, siapkan kamera dengan lensa sudut lebar untuk menghasilkan coverage yang luas. Anda perlu mengatur komposisi agar dalam foto terdapat unsur framing misalnya daun pepohonan yang akan memperindah gambar landscape yang dihasilkan. Untuk shot ini saya menggunakan EOS 700D dengan lensa third party Tokina 11-16mm (lebih murah dari lensa orisinil pada kelasnya). Salam landscaper Indonesia.

 tidore-wm-1-1Framing memperindah foto

Unsur lain yang perlu diperhatikan untuk memperindah foto landscape Tidore adalah penempatan horison. Gambar di atas menempatan horison agak ke bawah dari frame karena di bagian foreground tidak terdapat objek foto lain yang ingin ditonjolkan, dan di sisi lain saya ingin menampilkan langit Ternate yang membiru dan cerah saat itu. Namun, pada gambar di bawah ini, saya ingin menonjolkan iring-iringan kapal raja Ternate yang saat itu melintas di depan Gunung Tidore, sehingga horison saya naikkan agar ada foreground space yang cukup untuk menampilkan iring-iringan kapal tersebut.

tidore-kapal-1-wm

Penempatan horison agak naik untuk menonjolkan objek di bagian foreground

Salam landscaper Indonesia!

Semua tulisan pada blog ini boleh diperbanyak dan disebarluaskan sejauh untuk keperluan kebaikan dengan menyebutkan sumber/penulisnya.

visit-my-gallery